Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Penyesalan

|

Penyesalan - Benarkah bila kita menyesali sesuatu? Mengapa kita menyesali sesuatu? Bagaimana pula kita bisa menyesali sesuatu? Hidup itu ribet yah? sering banget deh denger kata-kata penyesalan baik itu dari mulut sendiri, teman, ataupun orang2 yang kita jumpai. Kata-kata penyesalan itu sendiri terucap berdasarkan 2 keadaan, yakni karena berpikir dan karena reflek.

Kata-kata penyesalan karena berpikir maksudnya penyesalan yang melalui berbagai tahap dan alur yang panjang serta akan berbekas di otak. Seperti penyesalan terhadap masa lalu, cinta, atau kesalahan dalam pekerjaan/bisnis.

Kata-kata penyesalan karena reflek umumnya berlangsung singkat atau sembari lalu. Misalnya,

"Nyesel gue ga beli tuh barang, sekarang dibeli orang deh"
"Nyesel gue ga ikuti loe lewat jalan A, gue lewat jalan B kena razia deh"

Kata-kata penyesalan karena reflek mungkin tidaklah penting, namun kata-kata penyesalan karena berpikir yang terucap dari mulut anda ataupun terngiang dalam otak anda akan sangat mempengaruhi kehidupan anda.

Banyak sekali manusia yang terpuruk karena penyesalan akan kesalahan yang pernah dilakukannya, akan masa lalunya yang kelam, dan sebagainya. Menurut saya, Orang2 yang terpuruk karena penyesalan adalah orang yang tak bisa menghargai hidup, sedangkan orang2 yang bangkit dari penyesalan adalah orang2 yang luar biasa.

Penyesalan itu sendiri bukanlah hal yang buruk, namun penyesalan adalah anugrah yang sangat indah dari Yang Maha Kuasa. Kok bisa gitu? Tanpa penyesalan tidak akan ada istilah "TOBAT", tanpa penyesalan tidak akan ada istilah "MEMPERBAIKI KESALAHAN", tanpa penyesalan tidak akan ada istilah "MENJADI LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA", dan yang terpenting adalah tanpa penyesalan tidak akan ada istilah "MAAF".

12 komentar:

Post a Comment