Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Mendefinisikan Siapa Kita

|

Mendefinisikan Siapa Kita - Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari, mau tidak mau, sadar ataupun tidak sadar, setiap perkataan kita, semua perbuatan kita, segenap tingkah laku kita, dan sebagainya akan mendefinisikan siapa kita.

Setiap orang akan selalu berusaha memproyeksikan gambaran tentang citra dirinya, ingin agar orang lain melihat kita dengan cara atau sisi tertentu, dan berusaha menanam di pikiran orang lain bahwa ada sesuatu yang berharga dari diri kita.

Kenapa kita selalu ingin mendefinisikan siapa kita? karena manusia pada dasarnya punya keinginan untuk eksis, untuk show up. Diberbagai situs seperti Facebook menunjukkan dengan jelas bagaimana kita mendefinisikan diri kita dan bagaimana kita ingin orang lain untuk mendefinisikan kita.

Banyak sekali hal yang bisa menjadi point untuk mendefinisikan siapa kita, dari pekerjaan, seksualitas, status perkawinan, keluarga, minat, pendidikan, berat, uang, orang tua, prestasi orangtua seseorang, prestasi sendiri, kegagalan, mencintai, kebencian, bakat, apa yang telah dihasilkan(mobil, pakaian, rumah), penampilan seseorang, kebiasaan diet, kesehatan, perjalanan, jenis kelamin, ras, kebangsaan, teman-teman, investasi, dan sebagainya. Kesemuanya itu adalah bagian dari yang ingin kita tunjukkan dan ingin kita katakan yaitu "Ini adalah siapa aku."


Bagaimana baik dan buruknya definisi seseorang terbentuk?

Kita mengawali hidup kita dengan mempelajari hal-hal di sekitar kita dan belajar apa yang perlu kita lakukan. Dari hal-hal yang kita ketahui dan pelajari itu yang akan mendasari skill dan knowledge kita. Dilanjutkan dengan bagaimana kita membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Pada akhirnya ketika apa yang kita lakukan, apa yang kita percaya dan apa yang kita tunjukkan mendefinisikan siapa kita. Setiap orang yang tau dengan kita akan melihat, mengenal dan mengenang kita. Kepercayaan atau keraguan, baik atau buruk akan terbentuk pada orang-orang yang mengenal kita.