Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Google Sidak Situs yang Melanggar TOS dan DMCA

|

Google Sidak Situs yang Melanggar TOS dan DMCA - Mbah Gugel lagi sangar-sangar nya neh, harus siap mental dan terima dengan segala keputusan dari Google. Bukan hanya para pemilik situs lho, tapi juga para surver internet juga harus ikut merasakan kekecewaan karena situs favoritnya lenyap tak berbekas. hahaha. Ya, Google saat ini sedang giat2nya untuk menyidak situs2 yang melanggar TOS dan DMCA.

Apa itu TOS dan DMCA? Saya jelaskan sedikit,
TOS(Term of Service) adalah kumpulan peraturan dan larangan yang harus diketahui oleh para pengguna suatu layanan.
DMCA(Digital Millennium Copyright Act) adalah hukum atau undang2 ataupun perlindungan terhadap hak cipta, seperti content/artikel, lagu, film, dan software.

Saya yakin sangat jarang para webmaster/blogmaster yang membaca TOS sebelum mengganakan layanan tersebut. Saya adalah salah satu blogmaster yang paling malas untuk membaca TOS :P.

Belum lama ini salah satu domain saya diblokir oleh Google Adsense karena melanggar TOS sehingga nda bisa lagi cari duit dari Adsense. Apa yang saya langgar? tidak dijelaskan tuh. Tak tebak sendiri, mungkin karena desain Blog yang terlalu memperlihatkan iklan Adsense daripada konten blog. hehehe. Tapi gpp, itu cuma domain ga jelas doang.

Beberapa hari lalu, lagi2 satu domain saya diblokir oleh Google Adsense. Domain utama pula, weleh2. Karena yang diblokir domainnya bukan blog, maka semua blog yang menggunakan domain serta subdomain tersebut ikut diblokir. Apa yang saya langgar? saya membuat sebuah blog baru dengan subdomain dari domain tersebut. Karena masih merancang desain blog, maka isi kontennya saya copy dulu dari situs2 penyedia artikel gratis. Salahnya lagi, saya sudah memasang iklan Adsense diblog tersebut karena memang blog tersebut akan saya gunakan untuk mengais dolar Adsense. Ternyata dalam TOS Google Adsense dilarang untuk menggunakan artikel hasil copypaste. weleh2, apes.

Diatas hanya cerita saya seorang, masih banyak lagi cerita tentang Blogger lain yang merasakan ganasnya sidak Google. Beberapa teman saya mengatakan kalau blog nya dibanned sama search engine Google sehingga tidak terindex. Saat saya iseng search di Google dengan keyword download film dan sejenisnya, dibawah tertulis bahwa "beberapa hasil pencarian dihilangkan karena melanggar DMCA". Anda bisa membaca surat komplain dari pemilik Copyright kepada Google DISINI.

Itu sih saya nda kaget, yang bikin saya kaget kemarin 2 buah blog download film terbesar di Indonesia(tak perlu saya sebutkan namanya) dengan pengunjung puluhan ribu hingga ratusan ribu perhari dihapus oleh Google karena memang menggunakan bloghosting Blogspot. Saya yakin tuh pemilik kedua blog tersebut pasti gondoknya setengah mati, belum lagi bagaimana tanggung jawab mereka pada para pemasang iklan. hehehe.

15 komentar:

Post a Comment