Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

|

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat - Sesuai judulnya, saya sebagai salah satu Blogger Indonesia (kalo diakui sih :p) ikut mendukung penggunaan internet yang aman, sehat, dan ber-manfaat. Sebenarnya sih judul "Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat" ini merupakan kata kunci dari kontes SEO yang diadakan oleh BEM FASILKOM UMB. So, saya juga termasuk salah satu peserta kontes ini. hehehe.

Tapi suer loh, saya nulis artikel ini karena bener2 mendukung penggunaan internet yang aman, sehat, & bermanfaat. Hadiah dari kontes ini saya anggap sebagai bonus saja jika bisa menang nantinya. Kalo dibilang ngarep bener juga sih, lumayan buat nambah duit jajan yang udah abis terkuras gara2 skripsi :p. Kalaupun nantinya saya di diskualifikasi karena nulis artikelnya seenak jidat dan gak ngikutin EYD, ya apa boleh baut. hahaha.

Namun diluar konsepnya sebagai kontes SEO, munculnya kontes ini saya rasa sangat bagus dan momennya tepat. Kenapa??? ya gitu deh, hahaha. Saya sering membaca bagaimana media menulis, menyiarkan, dan menggembar-gemborkan tentang bahaya jaringan sosial online, efek buruk dari game online, internet sebagai perusak moral karena gudang pornografi, hingga perkataan seorang pakar telematika yang menuding bahwa kegiatan Blogging adalah kegiatan para penipu.

Ya, hanya hal-hal negatif dari internet lah yang dibesar-besarkan. Entah kenapa hal-hal positif sangat jarang disuarakan. Menurut saya itu adalah kesalahan yang harus dikoreksi. Karena itu, bagi saya tujuan dari kontes "Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat" ini adalah untuk mengkoreksi kesalahan tersebut dan para Blogger bersatu untuk menutup hal-hal negatif dengan menunjukkan hal-hal positif dari internet.

Salah satu syarat dari kontes ini yaitu menuliskan minimal 2 manfaat & tips berinternet aman, sehat & manfaat tentang topik yang sudah ditentukan. Oke deh, topik yang saya ambil adalah Manfaat & tips berinternet sehat dan aman untuk anak usia dini.

Mulai dari manfaatnya dulu nih....

Banyak sekali kata-kata untuk mendeskripsikan manfaat internet. Internet adalah jendela dunia. Internet adalah gudang informasi terlengkap. Internet adalah ensiklopedia dunia paling komplit. Internet adalah Guru yang serba tau. Dengan adanya internet, anak-anak bisa memperluas wawasan mereka tentang dunia luar. Hampir semua informasi bisa ditemukan melalui internet.

Coba deh anda beli sebuah buku ensiklopedia untuk anak anda, misalnya tentang sejarah. Apakah dia tertarik untuk membaca buku tersebut?? umumnya sih ga bakal tertarik, kecuali emang anaknya kutu buku, hehehehe. Berbeda dengan internet, semua dikemas dengan menarik. Mulai dari penggunaan kalimat, gambar ilustrasi, hingga animasi. Harus diingat bahwa anak-anak akan lebih mudah mencerna gerakan, gambar, video atau animasi daripada mencerna tulisan.

Dengan mengenalkan internet pada anak di usia dini, maka akan menjadikan mereka sebagai anak-anak yang berwawasan luas, anak-anak yang pintar dari berbagai informasi yang mereka dapatkan dari internet, anak-anak yang memiliki pergaulan luas dan bisa bersosialisasi dengan adanya jaringan sosial online.

Menarik bukan, begitu mengagumkan bagaimana internet memberikan manfaat bagi anak-anak anda. Tapi(ada tapinya nih), semua itu hanyalah omong kosong tanpa bimbingan anda sebagai orang tua. Harus diingat lagi nih, internet bisa menjadi pengganti Guru dalam memberi pelajaran, namun internet tidak bisa mengganti peran Guru sebagai pendidik.

So, tips berinternet sehat dan aman untuk anak usia dini bukan saya tuju-kan untuk si anak, tapi untuk para orang tua.

Sebelum mengenalkan internet pada anak, anda sebagai orang tua harus mengerti dan memahami dahulu apa itu internet. Jangan hanya bisanya memfasilitasi anak anda dengan komputer canggih dan internet super cepat saja, karena hal tersebut hanya untuk menjerumuskan anak anda pada hal-hal negatif.

Jika anda terlalu sibuk, mintalah seseorang untuk mengajari anak anda tentang cara ber-internet yang baik dan mendampinginya saat ber-internet. Hal ini bukan berarti membatasi kebebasan anak anda untuk ber-internet ria, namun untuk membimbing si anak pada hal-hal yang positif.

Ajaklah anak anda jalan-jalan keliling dunia dengan Google Earth. Ajarkan mereka tentang team work dengan bermain game online. Perluas pergaulan anak anda dan temukan sahabat pena dengan jaringan sosial online. Kembangkan kemampuan menulis dan berpikir anak anda dengan kegiatan Blogging. Dan banyak lagi kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan dengan internet.

Mulailah untuk mengajarkan anak-anak anda tentang internet yang aman dan sehat. Perlihatkan pada mereka manfaat yang bisa didapat melalui internet. Bimbingkan mereka untuk menerapkan hal-hal positif yang mereka dapat dari internet pada lingkungan mereka di dunia nyata. Dengan menunjukkan hal-hal positif tentang internet, saya rasa bisa menjauhkan hal-hal negatif dari internet pada anak anda.

Satu lagi tips yang saya rasa sangat penting bagi para orang tua. Ajarkan anak-anak anda untuk memanajemen waktu mereka tanpa rasa terpaksa. Kalo keasikan ngenet kan bisa berabe, nanti bisa lupa makan, lupa mandi, tidur larut, males belajar, jarang bergaul dengan lingkungan dan teman2nya. dll, hahahaha. Caranya? bimbinglah dengan rasa cinta, kasih sayang, dan berikan contoh yang baik, bukan dengan bentakan dan larangan. Guru saya dahulu kala pernah berkata, seorang anak semakin dilarang akan semakin penasaran dan melawan. Selain itu, perilaku anak umumnya akan mengikuti perilaku orang-tuanya.

Huff, ga nyangka jadi gini panjang artikelnya. hahaha. Oke deh, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang mau membacanya :p.

3 komentar:

Post a Comment