Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Penghapusan Blog Blogspot : Masalah dan Solusi

|

Penghapusan Blog Blogspot : Masalah dan Solusi - Blogger.com sedang melakukan razia besar-besaran di tahun 2010. Saya tahu berita ini saat chatting dengan pemilik blog Ciamiskab yang mengeluh beberapa blognya tidak luput dari razia Blogger. Pertanyaannya, Kenapa Blogger Menghapus Blog2 yang telah dibuat oleh usernya??

Ada beberapa jawaban yang dilontarkan oleh para pengguna Blogger.com yang Blognya yang dihapus, antara lain :

1. Blog yang diindikasi spamming termasuk auto blog.
2. Melanggar Aturan Blogger khususnya pelanggaran hak cipta (baca disini dan disini).
3. Menghilangkan Navbar Blogger.

Point 1 dan 2 tidak perlu dibicarakan karena memang sudah dari dahulu kala diberlakukan. Yang saya agak ragu adalah point ke-3, masa sih blog yang menghilangkan navbar asli Blogger maka akan dihapus?? kesemua blog yang saya buat tidak ada yang menggunakan navbar Blogger dan hingga saat ini saya masih bersyukur tidak satupun blog saya yang dihapus (semoga tidak akan dihapus, hehehe). Yang pasti banyak pengguna Blogger kini kembali memasang navbar tersebut di blog2 mereka.

Ada lagi yang mengeluh begini,

"Kenapa Blog saya dihapus? padahal saya tidak melakukan spamming, tidak menghilangkan navbarnya, dan konten blog saya wajar2 saja."

Jika anda merasa tidak bersalah, telah membaca point 2 diatas dan merasa tidak melakukan pelanggaran, serta sayang dengan blog anda, saya sarankan untuk komplain ke Blogger dan meminta untuk dicek ulang atau diaktifkan kembali. Setahu saya, Blogger tidak melakukan penghapusan permanen jadi masih bisa diaktifkan kembali tanpa menghilangkan apapun. Caranya? Menghubungi langsung tim Blogger via Contact form melalui link Blogger Support, anda harus sign in terlebih dahulu baru bisa melihat contact formnya. Cara lainnya? biasanya Blogger akan mengirimkan email pemberitahuan kalau Blog anda dihapus, cobalah untuk mereply email tersebut, bisa atau tidaknya direply saya tidak tau karena saya belum pernah menerima email tersebut.

Ohya satu lagi, coba simak saran dari Kang Rohman (klik disini) untuk sedikit mengurangi kemungkinan dihapusnya blog oleh blogger atau sekedar mengurangi dampak fatal setelah di hapus. Semoga berguna bagi anda.

42 komentar:

Post a Comment