Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

3 Hal Penting Menulis Artikel Untuk Dibaca

|

3 Hal Penting Menulis Artikel Untuk Dibaca - Tulisan ini saya maksudkan untuk para Blogger yang memang ingin tulisan2nya benar2 dibaca oleh pengunjung, bukan hanya demi mendapatkan kunjungan. Hanya ada tiga hal yang diperlukan dalam menulis ARTIKEL UMUM(BUKAN ARTIKEL KHUSUS) untuk diterbitkan dalam sebuah blog yakni Awal yang memikat, kejelasan maksud(inti dari artikel), dan siapa yang akan membaca. Ketiga hal tersebut menjadi tolak ukur utama dalam menilai kesalahan dan kebenaran dalam meulis. Hampir semua artikel yang saya tulis tidak memenuhi ketiga hal tersebut, karena memang saya menulis dengan melihat dari sisi penglihatan saya sendiri bukan dari penglihatan pembaca.

1. Awal yang Memikat Pembaca
Judul artikel dan paragraf awal dari tulisan merupakan bagian terpenting dari tulisan. Kenapa? karena ada atau tidaknya ketertarikan pembaca ditentukan oleh bagian ini. Jika awalnya saja sudah tidak menarik, tentu saja pembaca tidak akan melanjutkan untuk membaca.

2. Kejelasan Tujuan/Inti dari Tulisan
Sebisa mungkin timbulkan/tunjukkan inti dari artikel secara jelas. Bagian ini adalah yang terparah pada setiap artikel yang saya tulis. Tidak sedikit yang salah mengartikan inti dari tulisan saya(entah sengaja atau tidak disengaja). Setiap artikel serius yang saya buat memang disengaja dibuat agak menyesatkan agar pembaca mau sedikit menggunakan logikanya sendiri, bukan sekedar membaca.

3. Siapa Yang Akan Membaca
Dalam artikel umum, sebenarnya kita tidak harus memperdulikan siapa atau dari kalangan mana yang akan membaca nantinya. Namun pastinya setiap artikel yang ditulis mempunyai tujuan tertentu untuk dibaca pembaca oleh orang2 yang tertentu pula. Saya ambil contoh misalnya artikel "tahap-tahap membuat blog". Tujuan dari artikel tersebut adalah untuk mengajarkan orang2 yang tertarik untuk membuat blog. Namun siapa yang dapat menjamin kalau si pembaca adalah orang yang tertarik untuk membuat blog? tidak ada bukan. Karena itu sebisanya untuk menggunakan kata2 yang se-sederhana mungkin agar bisa dimengerti bahkan untuk anak SD sekalipun. Sebab bisa saja ada pembaca yang tanpa sengaja "nyasar" dan membaca artikel2 anda. Seorang pembaca tidak akan berhenti membaca jika dia mengganggap ada informasi menarik dan dapat dimengerti olehnya setelah membaca artikel2 anda.

Mungkin ketiga hal diatas sudah sangat umum, namun sudah sangat jarang Blogger yang mengusung ketiga hal tersebut dalam menulis artikel termasuk saya ini yang sering menulis artikel sampah. Saya aja bingung, kenapa yah artikel sampah lebih populer dipencarian search engine daripada artikel berkualitas?

24 komentar:

Post a Comment