Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Meta Keyword Dinamis Untuk Blogspot

|

Meta Keyword Dinamis Untuk Blogspot - Meta Keyword Dinamis atau bahasa kerennya Dynamic Meta Keyword adalah salah satu teknik SEO dimana meta keyword yang digunakan dapat berubah-ubah sesuai dengan artikel. Penggunaan Meta Keyword Dinamis juga untuk menghindari duplikat meta content. Umumnya kan yang digunain tuh meta keyword statis atau manual dimana keywordnya dimasukin sendiri satu persatu, selain itu juga untuk setiap halaman selalu sama.Meta Keyword Dinamis untuk pengguna Wordpress mungkin sudah tidak heran lagi, tapi bagaimana dengan pengguna Blogspot? Apakah bisa? Jawabannya BISA. Malahan udah lama saya gunakan.

Demi memuaskan hasrat teman saya yakni Mas Seno yang ingin mendalami dunia SEO, maka saya kasih tau deh trik Meta Keyword Dinamis untuk Blogspot ini. Tapi ingat yah, saya tidak menjamin kalau postingan di Blog anda nantinya akan sering berada dihalaman pertama pencarian Search Engine untuk keyword yang relevan. Maklum, sebagian para ahli SEO meyakini bahwa penggunaan meta keyword sudah tidak berpengaruh lagi. Namun, trik SEO Nyeleneh ini tetap menjadi salah satu alasan mengapa postingan saya sejak dulu sering berada dihalaman pertama Google (dengan catatan tanpa perang backlink, wakakka).

Biar panjang tulisannya, saya tambahin ceritanya biar lebih jelas. wekekeke. Pernahkah anda membaca postingan singkat saya yang sudah cukup usang berjudul "Title Post Sebagai Keyword Tangguh"? Jika belum silahkan dibaca dahulu (tenang aja, pendek banget kok :p). Nah kalo sudah, trik berikut adalah cara saya untuk membuat title post/judul postingan menjadi benar2 tangguh.

Cara meningkatkan ranking pencarian di Google adalah dengan mengubah struktur tag TITLE BLOG seperti ini [Dipopulerkan oleh Eblogtemplates, harap KLIK DISINI untuk selengkapnya jika belum tau]

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Lalu saya melakukan modifikasi menjadi seperti ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

Dengan begitu, maka jika postingan anda dibuka maka title di browser akan menampilkan judul postingan anda, meta deskripsi blog anda juga menampilkan judul postingan anda, dan meta keywordnya adalah judul postingan anda.

Jadi meta keyword dinamis seperti diatas hanya bisa menampilkan keyword berupa judul postingan anda saja. Sebenarnya bisa juga menggunakan label/kategori postingan anda sebagai keyword, tapi kurang etis jika untuk satu postingan anda harus memberi 10 label/kategori. Bayangkah jadinya berapa banyak jumlah kategori blog anda?

Tapiiiii, berkat kebaikan hati pengelola blogspot maka widget label/kategori sekarang ini bisa anda atur sendiri yang mana akan tampil dan yang mana tidak perlu ditampilkan. So, silahkan saja jika ente mau jadiin label/kategori postingan ente sebagai meta keyword dinamis. Caranya gini pren.....

*Menuju edit HTML dulu yah :D

1. Cari tag/kode <head>
2. Salin rentetan kode dibawah ini lalu letakkan tepat diatas kode <head> ntu
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:section id='meta1' showaddelement='no'>
<b:widget id='Blog2' locked='false' title='Blog Posts' type='Blog'>
<b:includable id='nextprev'/>
<b:includable id='backlinks' var='post'/>
<b:includable id='post' var='post'/>
<b:includable id='status-message'/>
<b:includable id='comment-form' var='post'/>
<b:includable id='backlinkDeleteIcon' var='backlink'/>
<b:includable id='postQuickEdit' var='post'/>
<b:includable id='main' var='top'>
<b:loop values='data:posts' var='post'>
<b:if cond='data:post.labels'>
&lt;meta name=&quot;keywords&quot; content=&quot;<b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>,</b:if></b:loop>&quot; /&gt;
</b:if>
</b:loop>
</b:includable>
<b:includable id='commentDeleteIcon' var='comment'/>
<b:includable id='feedLinks'/>
<b:includable id='feedLinksBody' var='links'/>
<b:includable id='comments' var='post'/>
</b:widget>
</b:section>
</b:if>

3. Save

Untuk tau hasilnya gimana, coba buka postingan saya "Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang"[Sekalian nembak neh, wakakakka]. Lalu klik kanan mouse anda trus pilih "View Page Source"[mozilla]. Nanti akan ada meta keywordnya [baris ke-4 dari atas] seperti ini.

<meta name="keywords" content="Blogger Contest,Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang,Other" />

Dimana label pada meta keyword "Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang" itu tidak saya tampilkan pada widget kategori di main page.

Kalo nda ngerti cara pasangnya mohon maaf yah, soale saya lebih suka menulis sesuatu untuk anda ketahui, pelajari, atau pahami daripada menulis sesuatu untuk dijalani atau diikuti tanpa tau apakah akan berguna dan berarti.

108 komentar:

Post a Comment