Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

SEO Itu Misterius

|

SEO Itu Misterius - Kontes SEO www.gzon.us mencari pemilik yang saya adakan memasuki hari kelima. Perlahan-lahan juga kontes ini mulai berkembang walaupun jauh dari kehebohan kontes seo "Stop Dreaming Start Action" yang diadakan oleh Joko Susilo. Hampir semua postingan yang ikut serta dalam kontes mencari pemilik ini saya baca. Tentu saya senang melihat perkembangan kontes ini ternyata berjalan lebih cepat dari perkiraan saya.

Beberapa kontestan ternyata belum pahan sepenuhnya tentang SEO, beberapa lagi memang saya kenal dan tentunya paham dengan SEO. Karena itu, saya ingin sedikit menerangkan secara garis besarnya saja tentang SEO.

Kepanjangan dari SEO adalah Search Engine Optimization, tentu udah tau semua kan?. Tapi SEO bukan hanya sekedar agar artikel di blog anda terindex oleh search engine, namun bagaimana caranya agar index tersebut menjadi optimal hingga mencapai posisi terbaik.

Ambil contoh, kemarin artikel anda berada di halaman pertama namun hari ini malah posisi anda terdepak dihalaman 4. Kok bisa gitu? hal wajar kok.

Untuk menjelaskannya, saya persempit contoh diatas.


Ada 10 Blogger, memposting artikel dengan topik yang sama serta kata kunci juga sama yang bertanding mencari di posisi google.

Hari pertama, setelah diindex google ternyata si A berada diposisi 1 karena Google menilai si A lebih baik daripada pesaingnya, begitu seterusnya penilaian Google hingga posisi 10.

Setelah melihat hasil index tersebut, 9 Blogger lainnya mulai melakukan teknik2 SEO sedangkan si A tidak tau apa2 tentang teknik SEO.

Hari kedua, posisi 1-10 kembali teracak dan si A menempati posisi 4.
Hari ketiga, posisi berubah lagi dan si A sekarang diposisi 7.

Hal tersebut bukanlah karena Google benci dengan si A, semua hanya semata karena si A tidak memahami apa itu teknik SEO.


Teknik SEO hanya ada 2 :
1. Teknik SEO Offpage
Intinya hanya backlink dari luar yang mengarah ke blog dengan text anchor adalah keyword yang diincar (baca postingan saya yang INI dan INI untuk tambahan).

2. Teknik SEO Onpage
Teknik optimasi yang berhubungan dengan seluruh komponen Blog. Baik itu cara penulisan Konten/artikel termasuk Judulnya, originalitas artikel, template, penggunaan tag meta/keyword/description dll. (baca postingan saya yg INI, INI, INI, dan INI).


Semua link yang saya referensikan diatas hanya sebagian kecil dari jurnal saya dalam mempelajari SEO. Karena itu saya sarankan untuk mencari materi tambahan lainnya jika memang mau serius mendalami teknik SEO. Saya sarankan untuk belajar dari blog2 yang murni mengulas tentang SEO, saya merekomendasikan Brokencode.biz.

Lalu apakah setelah menjalankan semua teknik SEO baik Offpage maupun Onpage akan bisa berada diposisi puncak pencarian?
Belum tentu. Banyak hal yang masih bisa mempengaruhi posisi pencarian. Karena itulah semua pembelajar SEO akan berkata "SEO itu misterius". Yang penting anda harus berani mencoba dan terus mencoba. Hingga nantinya anda dengan sendirinya menemukan teknik SEO yang cocok dengan Blog anda. Satu hal yang perlu diingat, tidak ada yang namanya rahasia SEO. Yang ada adalah keinginan untuk berusaha dan terus belajar.

10 komentar:

Post a Comment