Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

No Mine, Out of The Rules

|

No Mine, Out of The Rules - Saya agak bingung membuat tulisan kali ini. Postingan ini masih membahas persoalan tentang Traffic dan SEO yang mungkin juga membuat para Blogger yang mempelajarinya hampir gila. wakkaka. SEO oh SEO. Postingan ini juga akan sedikit menjawab pertanyaan Mas Seno dipostingan "SEO itu Misterius" yakni bagaimana optimasi SEO untuk Google.co.id dan Google.com.

Perbedaan optimasi (onpage) Google.co.id dan Google.com saya juga kurang tau, saya hanya mengetahui 2 bentuk optimasi untuk hal ini, yakni Settingan pada Google Webmaster dan Penggunaan Meta tag. Untuk settingan pada Google Webmaster, tinggal Login -> Site Configuration -> Settings. Tinggal pilih Geographic target nya. Misalnya kita memilih Geographic targetnya Indonesia. Secara tidak langsung Google akan menganggap kalau situs/blog kita berbahasa Indonesia dan yang mengurus adalah Google.co.id. Sedangkan untuk meta tag nya bisa dibaca disini.

SEO itu tentu saja membingungkan. Kesalahan optimasi ataupun over optimasi akan membawa kondisi blog terpuruk. Hal ini terasa sangat jelas untuk myherro.com ini sendiri. Blog myherro ini lebih tepat saya anggap sebagai Blog uji coba saya untuk mendalami SEO. Karena Over Optimasi, GIP(Google Indexing Page) blog ini terhempas jauh, dari 2000an turun ke 700an. Lalu bisakah kembali ke keadaan semula? waduh, saya angkat tangan aja deh. wkakakaka.

Untuk menghindari kejadian seperti Blog myherro ini, ada baiknya anda mengikuti langkah2 berikut :

1. Tentukan dulu optimasi yang akan digunakan blog secara tetap.
Misal, setingan untuk webmaster, penggunaaan meta tag, dll.

2. Jika optimasi sudah dianggap tepat untuk blog (misalnya setiap kali posting beberapa menit kemudian sudah terindex Google), jangan pernah mengubah apapun optimasi yang telah dilakukan.

Ingat, Setiap kali anda mengubah bentuk optimasi(BUKAN PENYEMPURNAAN BENTUK OPTIMASI) blog, sama saja dengan memulai dari awal. Inilah pengertian "Google Sandbox" versi saya. Karena setiap kali mengubah optimasi, index Google akan berubah dan kemungkinan besar malah menghilang dari index.

3. Untuk kepentingan lain misalnya kontes SEO, jgn juga mengubah optimasi jika tidak perlu. Cukup dengan SEO Offpage alias membangun backlink seperti menggunakan Blog Dummy.

4. No mine, out of the rules. Ini yang terpenting menyangkut 3 point diatas. SEO jangan jadi pikiran(No mine bukan don't mine lho). Jika anda sudah yakin dengan optimasi yang sudah ada, tak perlu lagi harus memikirkan rule2 yang disarankan oleh para master SEO seperti "jika mau begini, maka gunakan meta seperti itu", atau "untuk bisa begitu, optimasinya harus seperti ini". Lepaskan semua aturan tersebut(out of the rules). Tak perlu diterapkan, cukup dijadikan sebagai pengetahuan berharga dikala melakukan optimasi yang baru.

24 komentar:

Post a Comment