Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Kegunaan Blog Statistic Tracking

|

Kegunaan Blog Statistic Tracking - Kegunaan Blog Statistic TrackingHampir semua Blogger memasang widget/tool statistik diblognya. Lalu apa kegunaannya untuk para blogger? tentunya berbagai jawaban akan muncul. Mulai dari ikut-ikutan, biar kelihatan keren karena blog rame widget, sekedar pamer jumlah pengunjung, mengetahui asal mula bagaimana pengunjung datang ke blog, hingga untuk menganalisa seberapa tangguh blognya sendiri dimata search engine dengan melihat jumlah pengunjung yang datang dari search engine. Adakah kaitannya Blog Statistik Tracking dengan SEO? jawabnya ADA.

Semua tergantung dari jenis widget statistik yang digunakan. Widget yang saya maksud adalah widget yang yang mampu mengetahui asal usul pengunjung. Bukan widget yang hanya bisa digunakan untuk menghitung jumlah visitor dan page view saja. Contohnya seperti Google Analytics atau Histats.

Anda tau pasti kalau salah satu bagian terpenting dari SEO adalah KEYWORD. Nah, dengan adanya Statistic tracking pada Blog akan sangat membantu anda untuk menganalisa KEYWORD apa yang digunakan oleh pengunjung hingga bisa datang ke Blog anda. Kemudian anda tinggal membandingkan seberapa relevan keyword tersebut dengan artikel yang anda tulis. Keyword boleh saja sama, tapi keunikan dari artikel merupakan pengaruh terbesar. Gunakan Keyword yang anda temukan dari widget statistik tersebut untuk memperbaiki artikel anda jika dirasa kurang relevan. Atau membuat artikel baru yang relevan dengan keyword tersebut. Saya sudah beberapa kali melakukannya dan terbukti mendapat posisi yang bagus di search engine(tapi ga menjamin lho di blog anda juga sama :D).

Pengetahuan baru bagi anda, Google Search Engine(terutama Google.co.id) sedang menggiatkan/meningkatkan sistem sensitifitas relevansi dari sebuah artikel dengan keyword pencarian. Kemungkinan besar untuk memerangi aksi tembak-tembakan keyword yang sudah sering digunakan oleh para Blogger(termasuk saya :p). Yang perlu diingat, pengguna internet menggunakan search engine tentu dengan harapan untuk menemukan jawaban. Bukan untuk kesasar kemana2.

Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan "Kenapa artikel disebuah Blog yang sebelumnya mendapat posisi yang baik disearch engine tiba2 melorot posisinya?". Mungkin ada yang berpikir "Ah, itu mah cuma karena kalah dalam pengetahuan SEO saja hingga tidak mendapat posisi yang bagus di Google".

Kalau ada berarti anda orang yang terlalu fanatik dalam belajar SEO. Saya bisa buktikan kalau Blogger yang tidak mengerti SEO bisa berada dihalaman pertama dalam pencarian Google. Saya contohkan salah satu blogger cewek yang ga ngerti SEO dan dudul tapi jago ngegambar dan bikin template bernama Kecebong NGibrit ups Cebong Ipiet. Buka Google.co.id dan ketik "Mengganti Template Blog/blogspot/blogger"(atau klik disini), lalu lihat hasilnya. Keyword yang digunakan juga standar dan umum dipergunakan.

Kok bisa sih sebuah blog yang isinya banyak tulisan aneh binti nyeleneh bisa berada dihalaman pertama pencarian. Jawabnya ya karena tulisannya dianggap unik dengan gaya dan caranya sendiri bukan copas mentah dari blog lain. Berilah jawaban bukan berharap pengunjung kesasar.

16 komentar:

Post a Comment