Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Publisher Blogger Template Tak Bermoral

|

Publisher Blogger Template Tak Bermoral - Jika hanya sekedar menambah link tanpa menghapus yang sudah ada mungkin masih bisa saya tolerir. Tetapi jika sampai menghilangkan itu namanya cari masalah. Postingan ini hanya saya tujukan pada publisher dalam negeri saja. Untuk apa menghakimi orang luar jika orang dalam saja bobrok moralnya.

Karena publisher2 seperti inilah, saya hanya membuat/menggratiskan template2 sederhana saja. Bahkan belakangan malah sempet ga mood untuk mendesain template baru. Kan enakan saja jual aja template2 magazine yang notabene memerlukan kemampuan khusus untuk mendesain dan penggunaan template yang butuh bimbingan dan walaupun tidak laku saya lebih senang untuk menjadikannya sebagai koleksi pribadi. Template sederhana saja dibajak apalagi kalau template bagus.

Jika umumnya para publisher mengganti nama dan link credit, ada lagi publisher yang hanya mengganti semua link saja dengan anchor text tetap seperti sedia kala alias tetap menggunakan nam saya. Nah, publisher seperti ini yang membuat saya benar2 naik darah. Sama saja dengan pembajakan nama. Bagaimana saya harus bertanggung jawab dengan desainer asli template tersebut(karena hasil konversi) sedangkan bukan saya yang melakukan. Saya mengetahui publisher ini di shoutbox kang Rohman dimana dia sedang mempromosikan blognya. ckckkck.

Mungkin yang lebih sakit adalah Cebong Ipiet dan Kang Rohman. Kenapa?

1. Kebanyakan template yang dibuat Cebong tuh murni desain sendiri semua gambar backgroundnya. Tidaklah mudah untuk membuat desain gambar2 seperti itu. bayangkan waktu dan pikiran yang dihabiskan. Berbeda dengan saya yang sangat jarang membuat gambar background sendiri dan lebih banyak mengambil yang sudah ada. Artinya, jika saya hanya berurusan dengan coding saja, si Cebong harus 2 kali kerja yakni mengurusi coding serta menggambar background.

2. Kurang baik apa Kang Rohman? Template buatannya selalu mencerminkan seluruh kemampuan dan pengetahuannya. Hasilnya yang diberikan pun tak tanggung2, sebuah maha karya dirinya dan tentunya gratis. Kalau saya yang membuat, sudah barang tentu desain seperti itu akan saya jual dengan harga tinggi. Tetapi masih aja ada orang yang tak punya moral membajak template hasil karya kang Rohman.

Kenapa banyak pubilsher2 yang melakukan hal2 seperti ini? jawabannya demi backlink dan uang. Kerja gampang, ranking nanjak, visitor bejibun, dan uang pun mengalir. Enak sekali bukan. Bahkan tanpa mengubah link creditpun sudah sangat mudah dalam mencari uang. Tidak perlu ngapa2in, hanya mempublikasikan saja. Dengan gampangnya mengarahkan ke desainer asli jika ada masalah pada template. Tak perlu berpusing ria menghadapi rentetan pertanyaan dari user.

Postingan ini juga berlaku untuk para penyedia "Jasa Pembuatan Blog" baik murah ataupun mahal. Bekerjalah dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain.

13 komentar:

Post a Comment