Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Haruskah Saya......

|

Haruskah Saya...... - Haruskah saya menjawab semua pertanyaan dan permintaan dengan jawaban "YA". Bolehkan saya menjawab "TIDAK" walaupun tau jawabannya dan berkaitan dengan saya. Belakangan ini ada beberapa pertanyaan dan permintaan yang membuat saya malas untuk terus berkreasi dalam membuat template blogger. Setiap template2 yang saya buat umumnya akan mendapat banyak pertanyaan dari para user. Saya selalu senantiasa akan membimbing user yang kesulitan dan menjawab semua pertanyaan yang masuk. Tapi beberapa pertanyaan belakangan ini agak membuat saya kehilangan mood untuk merespon pertanyaan tersebut.

Yang pertama adalah tentang slide pada template magazine Revolution Church.

Sipenanya bingung slidenya tidak bekerja dan saya lebih bingung lagi kenapa bertanya sama saya. Saya memang pernah membuat template blogger Revolution Church Magazine, tapi tidak saya publikasikan(sekedar Demo). Kenapa? karena terkait dengan hak cipta dan saya tidak mampu untuk membeli lisensi template tersebut untuk dipublikasikan walaupun saya yang pertama kali mengkonversi template tersebut dari bentuk wordpress theme. Nah, template yang digunakan oleh sipenanya adalah Revolution Church Magazine hasil konversi oleh Bloganol. yang jadi masalah adalah slide image dari template tersebut tidak bekerja. Sipenanya berani untuk memberikan donasi pada saya untuk membantu agar slide tersebut dapat berjalan. WOW, tajir neh orang....wkakaaa.
Saya cuma sekedar menjawab agar javascript yang sebelumnya menggunakan hostingan googlepages diganti menggunakan hostingan lain karena ingin membantu dan tidak mau menerima donasi karena membantu. Tapi tetep saja tidak dimengerti dan sipenanya kembali mengirimkan pertanyaan yang sama. Akhirnya saya mengunjungi blog sipenanya dimana url blognya dilampirkan. Setelah saya lihat, memang slidenya tidak bekerja. Tapi bukan itu intinya, saya terbiasa untuk mengetahui siapa desainernya. WOW, dibagian footer hanya tertulis nama blog itu sendiri. Keren neh bikin sendiri kayaknya. langsung liat source codenya, masih tertera dengan jelas converternya adalah Bloganol. ckckck, semua link footer amblas termasuk desainer aslinya yakni Brian Gardner. Akhirnya saya biarkan saya email dari penanya tidak saya jawab. Terakhir saya lihat slidenya sudah jalan karena file javascriptnya sudah menggunakan hostingan geocities. Mungkin sipenanya sudah mengerti dari jawaban saya sebelumnya atau dia memberi donasi pada orang lain untuk membantu memindahkannya.

Berdosakah saya karena tidak membimbing sipenanya hanya karena masalah link desainer?

Kedua permintaan dari seseorang yang menginginkan nick Yahoo Messanger(YM) saya.

Mungkin karena ada sesuatu yang ingin dia tanyakan dan ingin mendapat bantuan. Dengan chatting secara langsung tentu akan lebih mudah. Saya bukannya langsung membalas tetapi malah pergi kerumah om Google. Setelah ketemu dengan om google, saya langsung meminta data2 tentang blog kepunyaan sipenanya apa saja. Om google pun berbaik hati sama ponakannya ini dan memberi tau beberapa alamat blog milik sipenanya. Salah satu blognya ternyata hanya terdapat iklan adsense saja. Jadi saya menyimpulkan kalau orang ini ingin meminta bantuan tentang postingan saya dalam Menampilkan Iklan Adsense di Blog Bahasa Indonesia.
Tentu saja saya akan membimbing dengan senang hati. Tapi sebelum itu saya ingin melihat2 blognya yang lain untuk mengetahui blog mana yang menjadi pasangan dari blog adsense tersebut. Ternyata dari beberapa blognya ada satu blog yang menggunakan template buatan saya. Tapi link dibagian footer semua sudah amblas dan diganti menjadi nama sipemilik blog. Template tersebut merupakan hasil konversi, ya walaupun link converter dihapus setidaknya link desainer aslinya jangan dibuang juga dunk.

Bolehkan saya menolak untuk memberi bantuan?

Ketiga adalah tentang template hasil konversi saya yang tidak support Browser Google Chrome.

Kali ini bukan melalui contact form, tetapi langsung lewat kotak komentar. Silahkan cari sendri di Btheme.info. Jika kedua penanya diatas terang2an merupakan orang Indonesia, yang ketiga ini saya tidak bisa memastikannya. Kemungkinan besar orang luar. Dari tulisan komentarnya saya tidak berpikiran bahwa dia MEMINTA, tetapi MENYURUH untuk membetulkan template tersebut. Beh, ternyata template maker tak ubahnya seorang pesuruh oleh user yah.
Saya pun segera download google chrome dan melihatnya langsung. Dan ternyata benar seperti yang dikatakan. Segera saya perbaiki dengan hanya menambahkan kode yang terdiri dari 2 kata, selesai. Iseng2 saya lihat blog sikomentator. Setelah saya lihat ternyata dia tidak menggunakan template buatan saya, kemungkinan karena masalah diatas. Lalu template siapa yang digunakan?? tanpa melihat footer pun saya tau kalau desainernya adalah si Cebong Ipiet pemilik Ipietoon. Karena sebelum template tersebut dipublikasikan saya sudah diijinkan oleh si Ebong melihat duluan. Dan ternyata link desainernya diblog orang ini juga amblas.
Saya langsung berpikir, kemungkinan template yang saya buat akan digunakan oleh blogger ini setelah diperbaiki. Kemungkinan besar juga link desainer juga akan dihapus. weleh2.....

Wajarkah jika saya memiliki rasa enggan untuk memperbaiki template tersebut?


Persoalannya bukan sekedar backlink saja, tetapi bisakan sedikit menghargai karya dan kerja keras orang lain. Ini hanya 3 contoh dari ribuan blogger yang sejenis. Saya sudah sering menemukan para blogger yang menggunakan template yang saya buat tetapi link desainernya dihapus. Tetapi paling tidak blogger2 tersebut tidak membuang waktu saya dengan beragam pertanyaan. Tidak seperti orang2 diatas. Sudah dapet gratis masih juga bertingkah.

Mungkin saya adalah satu2nya Template Maker yang sewot dengan masalah link desainer. Tidak seperti Template Maker lain yang cuek saja. Memang sudah sifat saya sebagai orang yang egois. Satu2nya yang selalu menjadi motivator saya dalam membuat free template adalah orang2 yang rela menyisihkan sedikit waktu sekedar mengirim email ucapan terima kasih atau dalam postingannya atas template yang saya buat. Dengan tidak menghapus link desainer template saja sudah membuat saya bahagia. Untuk orang2 inilah saya mendedikasikan ilmu, usaha, dan kerja keras saya dalam membuat template.

Saya benar-benar jenuh menjadi seorang Blogger. bukan karena kehabisan ide tulisan, tetapi karena dunia Blogsphere sudah semakin panas dan main sikut-sikutan. Dulu sih boleh saja saya mempunyai motto "Blogging is Fun" karena dulu kegiatan Blogging sungguh menyenangkan. Mungkin karena saya saja yang melangkah terlalu jauh sehingga ngeblog tidak lagi terasa menyenangkan. Sekarang saya hanya berani bilang "Blogging for Money".

7 komentar:

  • Seno at April 10, 2009 at 7:29 AM :

    Wah kebangeten banget tuh orang. Tidak menghargai karya dan jerih payah Kang Herro. Saya yang ngebaca ini aja kesel n gedeg banget, rasanya pengen ngelabrak ntuh orang. Apa sih ruginya buat mereka mencantumkan link kreator. Kenapa sih masih ada aja orang model gitu ya kang. Padahal sudah gratis n tinggal pake aja, kalo kesulitan juga dibimbing.

    Saya sendiri sangat menghargai hasil karya orang lain, karena itu adalah hak. Sedih saya kang.

    Terus berkarya kang, semoga halangan2 seperti ini tidak melemahkan semangat Kang Herro dalam berkarya. Saya salut n memberikan apresiasi yang besar buat Kang Herro, Kang Nara, Mba Cebong Ipiet, Kang Mochal, Kang Rohman, Didats Triyadi n lain2. Sukses Kang Herro.

  • rampadan at April 10, 2009 at 7:42 AM :

    Yang sabar ya mas.
    Kadang kebaikan seseorang selalu disalah artikan.
    MenurutQ, mas tegur aja para penanya tersebut.
    Ditanya baik2, napa link footernya ilang?
    Dulu saya juga menghapus credit footer sebuah template yg saya gunakan.
    Karena saya masih pemula dan belum mengerti tentang menghormati sebuah link.
    Kemudian saya tau, sebuah link itu sangat berharga bagi pembuatnya.
    Menurut saya sebuah link itu :
    Pertama, untuk Rank.
    Kedua, untuk memberi tahu siapa pembuat template tersebut. Jadi kalo ada orang liat dan tertarik, bisa langsung klik.
    Hal hal trsebut saya ketahui setelah beberapa bulan ngeblog, akhirnya saya ganti template saya lagi, dan membiarkan kalimat dan link2 di footernya sampe sekarang.
    Betapa berdosa saya dulu?
    Semangat terus ya mas.
    Saya dach baca beberapa artikel mas tentang html, rencananya mau belajar bikin template.

  • rampadan at April 10, 2009 at 7:45 AM :

    Wah lupa saya, kalo pake blogger ID, tingkatan komentator saya gak naik.
    Koment lagi ach.

  • harry seenthing at April 10, 2009 at 8:45 AM :

    wah wah wah ada apa nih kang.....lama gag ol, kok ada yang seru juga yah........ayo dong kreasi lagheee kang, aku tunggu kreasi selanjutnya......

  • Cebong Ipiet at April 10, 2009 at 11:01 AM :

    :D sama bang...diriku juga sering sewot, kebanyakan sih para cowok wkkwkwkkw terlalu berkreasi (dlm menghapus) tapi menyebalkan banyak nanya :D

    kalau cewek sih rata rata malah promosiin blog ku di postingannya hehhehe..

    pernah ada yg nanya tak liat blog nya..udah dihapus ternyata link nya.. ya udah seenak aja diriku komen..oo bermasalah ya link komennya, mau bantuin sih tapi males, lagian jg ud g ada link ku,jadi kan bukan aku yg bikin :P

    dulu sih masi berbaek hati, cmn sekarang, lbh sering sebodo amat ke orang orang yg emg pantes di bodo amat in wkekkekwkkew *sigh*

    bang lg di rumah nih, susah bgt tau koneksinya...mumpung bisa konek nih kekkekeke malah curhat... g pernah Ol yM lagi yak? lumayan euy 5 hari di rumah ( eh di surabaya ding kekekek)

  • Cebong Ipiet at April 10, 2009 at 11:03 AM :

    oyi, bang...akhirnya TLA ku dpt link jg wkkekwkkew... saatnya menaikkan harga :P

  • BISNIS DENGAN KEJUJURAN at April 10, 2009 at 6:07 PM :

    SALAM KENAL

    DAN SALAM SUKSES BLOGGER INDONESIA.

    SEMOGA KESUKSESAN SELALU

    MENYERTAI KITA SEMUA.

    TERUTAMA BUAT OWNERNYA….

Post a Comment