Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Kenapa sih Blogger Template harus Premium??

|

Kenapa sih Blogger Template harus Premium?? - Kenapa sih Blogger template bikinan si Herro harus premium?? Kenapa ga digratisin aja kang? Templatenya bagus, pengen banget punya. Tapi harus bayar yah? dan pertanyaan ataupun sindiran senada lainnya. Pasti langsung mikir?? "waduh, kang herro lagi ngamuk nih. Kaburr ah". wakakkakaka. Ga kok, jgn kabur dulu. Saya hanya mau sedikit membagi pengalaman, mengapa sesuatu yang jenisnya sama tetapi mempunyai nilai yang berbeda. Kebetulan aja nih, salah satu contoh yang saya ambil adalah Blogger Template.

Setiap sesuatu itu tentu mempunyai nilainya masing2. Tak terkecuali, sampah juga memiliki nilainya sendiri bagi sedikit orang yang mampu mendaur ulang sampah tersebut. Penilaian terhadap sesuatu tentunya dilihat dari berbagai aspek yang berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang paling familiar dan paling sering diungkit oleh para kalangan Blogger adalah soal Free Template dan Premium Template.

Free Template adalah template yang dirancang oleh seorang designer dimana rancangan template tersebut dapat diperoleh secara gratis. Nah, untuk menghargai si Designer template tersebut tentunya dengan tidak menghapus link yang berada dibawah template. Link tersebut sangat berharga bagi si Designer template untuk mendapatkan popularitas, traffic, serta meningkatkan pagerank situs/blognya. Demi hal tersebut maka si Designer rela bersusah payah berpikir, berimajinasi, dan menghabiskan waktu untuk merancang sebuah desain template dan dibagikan dengan gratis.

Premium Template adalah template yang dibuat dengan tujuan untuk dijual atau tidak gratis. Ada beberapa pemikiran yang membuat para Designer template menghargainya dengan sejumlah uang, antara lain :
1. Desain yang fantastis/futuristic/unik
2. Rancangan yang membuat perbedaan besar dengan template2 yang ada pada umumnya.
3. Berbagai plugin yang hanya bisa digunakan untuk template khusus.
4. Tingkat kesulitan dalam pembuatan.
5. Dengan harga tertentu dalam menghilangkan link designer atau jg mengklaim template tsb merupakan hasil karya anda sendiri.

Khusus untuk blogger template premium(khususnya saya pribadi) adalah panduan untuk proses instalasi dan pemasangan pluginnya. Saya bisa saja menjadikan template2 magazine yang saya buat atau konversi menjadi free blogger template. Namun dengan syarat, saya tidak melayani semua pertanyaan tentang instalasinya. Tetapi hal ini saya urungkan saja, karena jelas tidak mudah untuk melakukan instalasi tanpa panduan. Belum lagi masalah plugin yang harus digunakan untuk mendukung tampilannya. Karena itu saya tidak berani secara langsung memajang gambar2 screenshot dari template2 magazine tersebut sebagai premium blogger template. Karena tentunya dibutuhkan sebuah manual book yang detail atau keterbatasan waktu jika harus memandu secara langsung.

10 komentar:

Post a Comment