Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Tutorial Mengganti Template Blogger

|

Tutorial Mengganti Template Blogger - Tadinya tutorial ini saya buat untuk Bunda Rie-Rie. Tapi karena ada jg temen yang bertanya tentang hal ini, ya sekalian aja diposting. Juga sekalian membantu teman2 lain yang baru belajar membuat blog tiba2 nyasar keblog ini.

Tips 1 :
Sebelum mulai mengganti template, backup semua kode widget yang sudah terpasang dan masih ingin digunakan.
Tips 2 :
Ada baiknya element2 widget tersebut dihapus dahulu. Ini untuk menghindari terjadinya error saat mengganti template(kadang2).
Langkah 1 :
Buka halaman Edit HTML.

Langkah 2 :
Browse file .xml template yang ingin digunakan

Tips 3 :
Biasakan untuk selalu membackup template lama terlebih dahulu sebelum mengganti template. Untuk jaga2 kalo ga cocok dengan template yang baru masih bisa pake template yang lama(apalagi kalo udah diedit susah payah).





Langkah 3 :
Kemudian klik tombol upload. (Ga digabungi ama langkah 2 biar keliatan panjang,hehehe)


Langkah 4-5 :
Setelah proses upload selesai, jangan langsung disave. Coba preview dulu untuk memastikan apakah templatenya terjadi error/ingin langsung dimodifikasi. Setelah yakin baru klik tombol save.


Kemungkinan Error yang terjadi :
1. Double ID
Maksudnya ada 2 widget yang sudah include pada template mempunyai ID yang sama. Hal ini terjadi karena sipembuat template tidak lagi menghapus widget yang sudah ditambahkan pada saat membuat/mencoba template tersebut.
Solusi :
Misalnya ada 2 widget dengan ID "HTML3"(lihat gambar), maka tinggal mengganti salah satu ID widget dengan ID lain, misalnya "HTML10".


Pada HTML Template seperti ini :

b:widget id="HTML3" locked="false" title="" type="HTML">

Kode yang diubah kode berwarna merah.

2. Error Page




Saya tidak tau pasti apa yang sebenarnya terjadi saat bertemu dengan error seperti ini. Yang saya tau, jika terjadi error seperti ini cukup dengan menghapus cookie browser yang digunakan. Biasanya langsung kembali normal.

15 komentar:

Post a Comment