Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Penyesuaian Template dan Monetize Blog

|

Penyesuaian Template dan Monetize Blog - Penyesuaian template yang digunakan dengan "TIPE" blog sangat berpengaruh pada keberhasilan sebuah blog. Tipe yang saya sebutkan disini bukan bermakna jenis kategori, ataupun jenis Blogger, tetapi tipe dasar blog atau tujuan hidup dari blog itu sendiri yang diliat secara keseluruhan. Keuntungan dari penyesuaian template dengan tipe Blog tak lain untuk memanjakan para pengunjung.

Ada beberapa hal yang harus dipikirkan saat memilih template untuk sebuah Blog.

1. Kemudahan Navigasi.
Contoh Blog yang saya ambil adalah kolom-tutorial.blogspot.com
Salah satu blog Kang Rohman ini memberikan kemudahan navigasi yang baik sekali. Pengunjung akan dengan mudah menemukan informasi yang diinginkannya.

2. Kecocokan dengan Konten
Contoh blog yang saya ambil adalah masenchipz.com. Blog dengan template magazine ini sangat rapi dan keren walaupun mengusung tema super bebas. Segala informasi baik itu teknologi, alam, hal2 unik dan lucu, hingga makanan dapat ditemukan. Disinilah keunggulan template bergaya megazine, segala perbedaan tersebut dapat tergabung menjadi satu tanpa membuat pengunjung merasa aneh dengan kategori blog tersebut. Atau dengan kata lain, template megazine sanggup membaurkan warna-warni dari kategori yang berbeda untuk menimbulkan gradiasi.

3. Monetize
Disini saya tidak mengambil contoh sebuah blog(takut menimbulkan salah paham). Kebanyakan pada blogger dengan blog personalnya lambat laun pasti akan mengenal monetize blog atau mendapatkan penghasilan dari blog. Ciri khas dari sebuah blog personal adalah simpel. Karena hanya digunakan untuk sharing pengalaman dan masalah pribadi, maka template dengan 2 kolom adalah yang terbaik. Tetapi, coba bayangkan sebuah blog dengan lebar pas2an harus dijejali dengan iklan2 yang banyak. Tentunya akan terasa aneh, panjang dan penuh. Jika memang blog mau dipasangi iklan, gunakanlah template yang widebar untuk mendapatkan space yang cukup untuk dipasangi iklan. Jika template yang digunakan terlanjung mendarah daging, coba untuk memperlebarnya. Jika masih tidak sreg, buatlah sebuah blog lagi, jangan dipaksakan. Pengunjung blog adalah segalanya. Apa artinya jika citra sebuah blog sudah jatuh dimata pengunjung. Sekali jatuh, akan sangat sulit untuk mengembalian citra sebuah blog personal seperti semula.

Para pencari informasi didunia maya hanya terdiri dari 2 jenis.
1. Mencari informasi untuk kategori khusus.
Pencari informasi jenis ini merupakan penduduk dunia maya, sebut saja para Blogger. Informasi yang dicari tentunya hanya seputar dunia maya, seperti tips trik blogging, atau informasi blogger lain untuk mengenalnya lebih jauh.
2. Mencari informasi untuk kategori umum.
Pencari informasi jenis ini bertamasya kedunia maya untuk mencari informasi yang berhubungan dengan dunia nyata. Jika ingin membuat sebuah blog untuk dipasangi iklan, akan lebih baik jika berpatokan pada pengunjung jenis ini. Selain itu, jauhkanlah pikiran untuk menulis hal2 yang berbau Blogging.

14 komentar:

Post a Comment