Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Bahasa Konten Blog

|

Bahasa Konten Blog - Kontes "Latihan SEO Untuk Pemula" telah menarik minat yang begitu besar dari para Blogger Indonesia tercinta. Impian untuk mendapatkan pengunjung baru dari kontes ini pastinya menjadi tujuan utama. Lalu, emangnya kenapa?

Nggak ada apa2 kok. Saya hanya sedikit berbagi pengalaman tentang 2 kontes yang saya ikuti. Saat ini saya mengikuti 2 kontes SEO yang sangat bertentangan satu sama lain.
1. kontes "Busby SEO Test
"
Kontes ini menggunakan Google.com(USA) sebagai patokan pemenang. Tentunya Blog yang berbahasa inggris akan lebih effektif dalam rebutan posisi teratas.

2. Kontes "Latihan SEO Untuk Pemula"
Kontes ini menggunakan Google.co.id(Indonesia) sebagai patokan pemenang. Karena itu Blog berbahasa Indonesia lebih dominan.

Trus, apakah Google sendiri membedakan keduanya?
Tentu saja. Hal ini sangat berpengaruh bagi Blog yang bersangkutan. Karena itu, para Blogger yang sudah ahli soal SEO menggunakan meta tag untuk memperjelas status bahasa Blognya.

Kodenya untuk bahasa Inggris seperti ini :
atau


Kodenya untuk bahasa Indonesia seperti ini :


Kode meta tag diatas digunakan untuk menjelaskan pada "Googlebot" bahasa Blog apa yang digunakan. Walau begitu, saya masih sering menemukan Blog2 yang menggunakan meta tag tetapi tidak sekalian memasang tag diatas. Kenapa yah? Nda tau juga saya. Soalnya saya bukan pengguna meta tag untuk urusan SEO Blog ini.

Bukan pengguna meta tag? tetapi kok Herroblog yang sebelumnya lebih dominan dalam pencarian Google.co.id(B. Indonesia) tiba2 bisa terlempar jauh? Sedangkan untuk pencarian Google.com(B. Inggris) begitu cepat maju kedepan.

Tidak menggunakan meta tag bukan berarti tidak bisa memaksa Googlebot untuk mengakui kalau Blog ini berbahasa Inggris. Cara yang saya lakukan sebenarnya haram dan menyalahi aturan Google(kalo ketauan). Caranya dengan memasang kode adsense pada Blog. Yang saya maksud haram adalah mengubah kode Adsense tersebut, dengan menambahkan kode yang banyak digunakan untuk memaksa agar iklan Adsense keluar di Blog berbahasa Indonesia(cari tau sendiri yah kl loem tau). Saya hanya menyarankan untuk tidak menggunakannya, karena sudah ada yang di ban oleh adsense.

Begitulah kenyataan sebenarnya. Hal inilah yang menjadi penyebab terlemparnya Blog ini dalam kontes "Latihan SEO Untuk Pemula"(Urutan 8 menjadi kapan2). Dan begitu pesatnya Blog ini menerobos kedepan di kontes "Busby SEO Test"(Urutan kapan2 menjadi urutan 68) diantara Blog2 yang semuanya menggunakan Wordpress.

Kode adsense yang saya pasang bukanlah untuk tujuan mencari uang, tetapi demi hal diatas. Tetapi karena mengganggu para pengunjung setia Blog ini, maka saya memutuskan untuk melepasnya.

Penjelasan diatas belum tentu benar adanya, karena hanyalah hasil analisa saya.

Tambahan : Saya baru membuat sebuah blog baru untuk menempatkan semua template yang saya buat. Jika ada yang menemukan template yang bagus dan ingin menggunakannya pada blogspot, maka saya akan dengan senang hati mengkonversikannya untuk anda.

12 komentar:

Post a Comment