Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Alexa dan SEO

|

Alexa dan SEO - Akhirnya sempet online juga. Udah online ga tau juga mau nulis apa(masih linglung). Setelah Blog walking sekitar 2 jam, akhirnya dapet judul postingan juga. Judulnya umum banget yah??
"Alexa dan SEO" judul sangat luas ruang lingkupnya. Sebenarnya judul yang tepat adalah "Hubungan antara Alexa dengan SEO" karena saya hanya membahas keterkaitan keduanya. Namun saya urungkan karena hanya mengutarakan secara umum saja. Sedangkan jika menggunakan judul yang kedua tentunya butuh pembahasan yang panjang lebar untuk mengungkap keterkaitannya.

Peringatan : Anda boleh percaya boleh juga membantah teori ini. Karena teori ini tidak saya temukan dari Alexa ataupun penuturan dari seorang pakar. Ini murni Analisa yang saya simpulkan secara ngawur.

Diantara para Blogger mungkin pernah membaca artikel yang menyatakan bahwa
1. SEO(Search Engine Optimizer) berpengaruh terhadap rendahnya(baca tingginya) Alexa Rank ataupun sebaliknya.
2. Kebalikannya(Ada ga ya??).

Untuk point 1 merupakan sebuah pernyataan yang bisa dibenarkan, tetapi tidak harus diikuti. Semua kembali pada keinginan. Jika hanya ingin mengecilkan nilai dari Alexa Rank Blog/situs tidak harus mengenal SEO.
Bahkan untuk sebuah Blog/situs yang sama sekali tidak terindex oleh search engine pun bisa mempunyai Alexa Rank yang rendah(baca tinggi).

Lho?? kok bisa begitu???
Begini, Alexa sama sekali tidak mempedulikan asal usul pengunjung Blog/Situs datang darimana. Yang dlihat oleh Alexa hanyalah aktifitas dari Blog/situs itu sendiri atau berapa banyak page loadnya dalam 1 hari, dihitung rata2nya (untuk jangka waktu tertentu) kemudian dibandingkan dengan seluruh Blog/Situs yang terindex oleh Alexa. Nah, dari perbandingan tersebut tentunya dapat diurutkan dari jumlah rata2 page load tertinggi (Rank 1) hingga rata2 page load terkecil atau 0 kl ada (Rank terkecil/sebesar jumlah Situs). Inilah yang disebut dengan Alexa Rank.
Dari definisi tersebut, saya hanya menyarankan 2 buah trik dari sekian banyak trik yang diulas oleh para pakar dan saya anggap benar agar mempunyai Rank Alexa yang rendah(baca tinggi).
1. Blog walking.
Usahakan untuk Blogwalking sesering mungkin, kl bisa ampe ratusan Blog/forum untuk mendapatkan kunjungan balik dan mengharapkan pengunjung setia(Gempor ga tuh??)
2. Memasang Alexa Widget.
Ini dimaksudkan agar Rank Alexa Blog/situs selalu update tepat waktu. Karena pada Widget Alexa itu sendiri sudah disisipkan sejenis tracker untuk memantau aktivitas Blog/situs. Istilah kerennya uptodate(bener ga nulisnya ya?).

Dari penjelasan singkat diatas dapat anda simpulkan sendiri, seberapa besar pengaruh dari SEO untuk Alexa Rank.

14 komentar:

Post a Comment