Berlangganan Artikel Via Email

Posting Terbaru

Emoticons Untuk Pemanis Komentar (Bagian 2)

|

Emoticons Untuk Pemanis Komentar (Bagian 2) - Pada bagian 2 ini saya mengajak anda(para pembaca) untuk memahami secara garis besar cara kerja javascript yang digunakan untuk Emoticons Untuk Pemanis Komentar (Bagian 1). Karena itu diharuskan untuk mendownload terlebih dahulu javascript emoticons.js nya.

Klik disini untuk download.

Jika sudah didownload, klik kanan file tersebut kemudian klik edit(buka pada Notepad).

Udah belum??....oiiiii, jawab dunk /hm
Bingung ga liat tulisan aneh bin ajaib tersebut??

Lanjut lagi, saya tidak akan menjelaskan keseluruhan kode tersebut. Tetapi hanya 2 point penting saja. Karena itu perhatikan baik2 penjelasan pak guru..

Point pertama...........

Lihat kode berikut:


['post-body','entry-content','comment-body']

Kode diatas adalah kode mutiara yang sangat berpengaruh akan keberhasilan trik ini.
Keterangan :
'post-body' => halaman posting blog(artinya emoticon akan dimasukkan pada halaman postingan jika pada postingan tersebut terdapat kata2 yang sesuai dengan kode emoticon).

'comment-body' => halaman komentar(artinya emoticon akan dimasukkan pada halaman komentar jika pada postingan tersebut terdapat kata2 yang sesuai dengan kode emoticon).

Kemudian ada 1 hal lagi yang harus dilakukan. Pada postingan sebelumnya kalian pasti membaca komentar dari mas Mochal atau Guruh Subagya yang berpusing ria dikarenakan satu hal. Yaitu, jika Author/pemilik blog sendiri yang mengisi komentar maka kode emoticon tersebut tidak akan bekerja. Tetapi saya salut dengan Guruh ini, emang pantes dipanggil master HTML,/hore..dalam waktu tidak sampai 1 jam udah bisa menemukan kesalahannya(Padahal loem pernah ngoprek script ini).

Sebenarnya masalah ini akan terjadi jika menggunakan/mengubah template blog yang membedakan antara komentar Author dengan komentar pengunjung (untuk template yang menyamaratakan jenis komentar maka tidak ada masalah). Jadi untuk memecahkan masalah ini cukup mudah(kalo ngerti). caranya dengan mengubah script diatas menjadi

['post-body','entry-content','comment-body','comment-body-author']

Save..Upload file..selesai..Simpel bukan...

Udah??cuma begitu aja??
Tidak segampang itu. Masalah akan timbul lagi jika pada HTML templatenya menggunakan kata/kode/istilah yang berbeda.
Contoh, jika pada CSS template untuk bagian "postingan" menggunakan istilah "post-body" maka pada script emoticon ini jg harus menggunakan istilah 'post-body'. Atau jika menggunakan istilah "postbody" maka pada script emoticon harus diubah dengan menggunakan istilah 'postbody'.
Hal ini juga berlaku juga untuk 'comment-body' atau jg 'comment-body-author'

Point kedua.........

Bersambung..../hihi

16 komentar:

Post a Comment